Mengenal Klinik Tumbuh Kembang Anak
Parenting

Apa itu Klinik Tumbuh Kembang Anak dan Fungsinya

Klinik tumbuh kembang anak – Sejak lahir, bayi akan mengalami perkembangan yang mana sesuai dengan tahapan usianya. Namun tidak semua bayi maupun anak bisa tumbuh dan berkembang seperti seusianya. Jika orang tua tidak segera menyadari gangguan atau masalah dengan tumbuh kembang ini akan sangat fatal karena sang anak akan lamban dalam mengejar ketertinggalannya.

Masih ada beberapa orang tua yang mengatakan anaknya baik-baik saja sehingga tidak memerlukan bantuan klinik tumbang tersebut. Padahal semakin cepat masalah tumbuh kembang anak diatasi ini akan semakin bagus. Anak yang tidak pernah diatasi masalah tumbuh kembangnya selamanya akan mengalami keterlambatan dan tidak akan mendapatkan perkembangan yang berarti.

Misalnya saja adalah anak yang mengalami masalah dengan berbicaranya, jika tidak segera dicari tahu penyebabnya anak akan terlambat berbicara atau bahkan tidak akan memiliki kemampuan berbicara sama sekali. Tentu orang tua tidak menginginkan hal ini terjadi kepada buah hati tercintanya. Faktanya gangguan dalam berbicara ini bisa disebabkan oleh berbagai macam hal sehingga harus dicari penyebab yang pasti baru klinik bisa menindaklanjuti dan menangani masalah tumbuh kembang tersebut dengan baik.

Pengertian

Sebelum Anda mengetahui lebih lanjut tentang klinik tumbuh kembang anak tersebut ada baiknya jika Anda tahu pengertiannya terlebih dahulu. Klinik tumbang anak adalah merupakan klinik khusus yang digunakan untuk mendeteksi dini, melakukan diagnosis. Klinik juga akan melakukan intervensi atau menentukan pilihan terapi terhadap anak yang mana disesuaikan dengan kebutuhannya. Klinik ini juga akan mampu mengedukasi orang tua untuk bisa memantau tumbuh dan kembang si kecil dan juga memberikan stimulasi.

Kapan Anak Harus ke Klinik Tumbuh Kembang?

Banyak orang tua yang bertanya kapan harus mengunjungi ke klinik tumbuh kembang anak. Bayi yang lahir dengan resiko tinggi ini harus segera dibawa ke klinik ini setelah keluar dari ruang perawatannya. Terapi perlu dilakukan sedini mungkin misalnya dengan melakukan pijat bayi, oral massage agar bayi bisa belajar menyusu kemudian melakukan stimulasi dengan menggunakan suara.

Bayi yang memiliki resiko tinggi ini harus mendapatkan pemantauan kesehatan serta tumbuh kembangnya sampai ia berusia 7 tahun. Jika terjadi keterlambatan dalam perkembangan bisa segera diatasi maupun ditangani.  Orang tua tidak perlu ragu lagi untuk membawa anak ke klinik tumbang. Terutama jika ia curiga dengan perkembangan buah hatinya. Semakin dini ditangani maka akan semakin baik.

Yang Dilakukan Klinik

Klinik tumbuh kembang akan melakukan tugasnya seperti melakukan pemeriksaan secara menyeluruh kepada si kecil mulai dari mengukur berat dan juga panjang badan anak.  Anak juga akan diukur lingkar kepalanya. Klinik akan mengecek kesehatan mata maupun telinga dan menilai perkembangan dan pertumbuhan anak tersebut.

Anda bisa berkonsultasi di OMDC yang mana menjadi klinik tumbuh kembang anak terbaik dan terpercaya, hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *