Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak
Parenting

5 Cara Mengeluarkan Dahak Pada Anak yang Bisa Anda Coba di Rumah

Anak-anak yang mengalami flu dan batuk memang terlihat lebih menderita sebab mereka belum bisa mengeluarkan dahak seperti orang dewasa. Dahak mengandung bakteri yang bisa membuat anak alami gangguan pernapasan, apalagi si kecil yang mengalami batuk saat malam hari. Perlu penanganan cara mengeluarkan dahak pada anak secara alami agar si kecil bisa bernapas lebih lega.

Mengeluarkan dahak pada anak tanpa obat

Buat Anda yang memiliki anak usia dibawah enam tahun yang tengah mengalami batuk berdahak, simak 5 cara mengeluarkan dahak pada anak tanpa obat berikut!

1. Tepuk punggung si kecil

Menepuk punggung anak bisa dilakukan dengan posisi telungkup dan pastikan posisi kepala lebih rendah dari badan lain. Anda bisa menepuk punggung secara perlahan hingga dahak bisa keluar, lalu bersihkan menggunakan kain atau tisu lembut.

2. Menggunakan bahan rempah

Cara mengeluarkan dahak bisa menggunakan rempah-rempah seperti jahe, ginseng atau bawang putih. Masukkan rempah pada makanan atau minuman agar si kecil bisa mengeluarkan dahak dan lendir di tenggorokan lebih mudah.

3. Air hangat

Cara mengencerkan dahak dan bisa keluar saat anak batuk atau meludah adalah memberikan minuman hangat. Anda bisa rutin membuat cairan air hangat dengan garam, teh hangat atau perasan jeruk nipis setiap hari.

4. Daun sirih

Gunakan daun sirih untuk menghilangkan dahak pada anak dengan cara meletakkan daun sirih pada dada anak, sedangkan bagian punggung bisa diolesi minyak telon yang hangat.

5. Madu

Berikan minuman madu yang dicampur dengan segelas teh hangat untuk mendukung dahak keluar dari tenggorokan si kecil. Madu juga bisa membuat anak terhindar dari rasa sakit di tenggorokan saat ia tidur.

Selain beberapa cara mengeluarkan dahak pada anak di atas, Anda bisa mengajak si kecil mandi air hangat dan menghirup uap setiap hari. Rutin melakukan cara alami di atas, maka dahak bisa keluar dengan mudah dan anak bisa segera sembuh dari batuk tersebut. Untuk informasi dan wawasan lain yang lebih bermanfaat, Anda bisa berkunjung ke situs resmi calzadoo.com sekarang juga, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *