Cara Paling Mudah Kirim Uang ke Luar Negeri
Finance

Cara Paling Mudah Kirim Uang ke Luar Negeri

Bagi Anda yang saat ini tengah menjalani studi ataupun bekerja di luar negeri, tidak perlu bingung ketika akan mentransfer atau menerima transfer uang lintas negara. Sebab di negara-negara berkembang khususnya, sudah didukung dengan layanan remittance atau transfer uang ke luar negeri dengan mudah.

Berikut ini beberapa cara transfer valas yang bisa Anda terapkan. Mulai dari cara konvensional, sampai dengan cara yang lebih praktis dibantu dengan adanya teknologi digital.

Pilihan Cara Kirim Uang ke Luar Negeri dengan Mudah

Jika dulu untuk bisa melakukan transfer uang ke luar negeri kita mengenal Western Union, kini sudah ada cara lainnya yang bisa dijadikan solusi. Baik cara konvensional dengan menyetorkan uang langsung ke kantor terdekat, maupun menggunakan aplikasi. Inilah penjelasan dari empat cara kirim uang ke luar negeri.

1. Antar Bank

Cara transfer uang ke luar negeri yang pertama ialah melalui antar bank. Tidak jauh berbeda dengan transfer valas melalui Western Union, transfer antar bank ini juga dilakukan secara offline. Artinya, Anda harus mendatangi kantor bank terdekat untuk menyetorkan uang.

Hanya saja, jika pada Western Union uang yang akan ditransfer harus melalui perantara terlebih dahulu untuk sampai ke penerima. Jika transfer antar bank, uang langsung dikirim ke rekening penerima.

Jadi sebelum mentransfer uang, pastikan Anda sudah memiliki nomor rekening penerima dan menuliskan nomor rekeningnya dengan benar di form transaksi transfer. Jangan lupa juga menanyakan biaya transfer dan kurs mata uang negara yang dituju.

Setelah itu minta juga bukti transaksi untuk berjaga- jika terjadi kendala terkait transaksi tersebut. Biasanya, cara kirim uang ke luar negeri lewat antar bank dibebani biaya transfer yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, tidak banyak yang menggunakan opsi ini.

2. Transfer Via ATM

Sedikit lebih praktis daripada opsi yang pertama. Transfer dilakukan antar rekening bank, tetapi berbasis digital. Anda tidak perlu mendatangi kantor bank terdekat, cukup ke gerai atm terdekat.

Namun cara ini juga masih memiliki risiko mengantri meski tidak sepadat di kantor bank. Cara transfer uang ke luar negeri via atm memerlukan kode swift bank tujuan. Satu-satunya risiko terbesar dari cara ini adalah ketika Anda salah memasukkan nomor rekening penerima ataupun kode swiftnya, maka uang akan tersesat dan tidak sampai ke rekening tujuan Anda.

Jadi pastikan untuk menginput nomor rekening penerima dan kode swift maupun nomor referensi dengan lengkap dan benar. Sehingga uang yang Anda kirim tidak akan nyasar.

3. PayPal

Bagi yang kerap berbelanja dari online shop luar negeri atau menerima adsense, metode PayPal tentu sudah tak asing lagi. Selain bisa digunakan untuk berbelanja, PayPal juga bisa untuk transfer lintas negara. Biaya yang dibebankan juga cukup murah, ditambah metode berbasis digital yang praktis tidak heran jika opsi ini amat digemari.

Jika dulu syarat pembuatan rekening PayPal harus memiliki kartu kredit, sekarang tidak lagi. Anda bisa mengganti dengan kartu debit bank nasional. Jadi lebih mudah untuk menggunakan cara ini untuk transfer ke luar negeri.

4. Aplikasi digibank by DBS

Satu lagi cara transfer ke luar negeri berbasis digital yang juga praktis dan bahkan memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya, yaitu lewat aplikasi digibank by DBS. Penyedia jasa remittance berbasis digital yang mudah diaplikasikan. Anda tidak perlu datang ke kantor cabang, cukup klik via aplikasi di mana saja dan kapan saja dibutuhkan.

Dengan aplikasi digibank by DBS, Anda bisa melakukan remittance dalam dua jenis yaitu:

  • Transfer Valas bebas biaya, yaitu transfer same day dan bebas biaya via sistem internal Bank DBS Indonesia dengan mata uang yang dimiliki oleh negara tersebut. Seperti misalnya, transfer USD ke AS, AUD ke Australia dan masih banyak lagi lainnya. Dengan catatan Bank penerima biasanya mengenakan biaya transfer sesuai ketentuan yang berlaku
  • Transfer Valas reguler, yaitu transfer ke luar negeri menggunakan sistem SWIFT. Layanan ini biasa digunakan untuk transfer di luar jalur transfer ke luar negeri yang bebas biaya. Seperti misalnya USD ke Singapura ataupun lainnya.

Keuntungan yang ditawarkan dari remittance melalui digibank by DBS adalah:

  1. Tidak adanya biaya transfer ke 7 mata uang negara di lebih dari 20 negara tujuan dengan mata uang seperti USD, SGD, AUD, GBP, CAD, HKD dan EUR
  2. Akses 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, tanpa perlu repot mendatangi kantor cabang dan cukup via aplikasi
  3. Sistem FX Rate yang terkini dan juara sehingga menjadikan transfer ke luar negeri lebih ringan dengan nilai tukar yang kompetitif
  4. Sampai pada penerima di hari yang sama atau same day, dengan catatan tidak melampaui batas waktu pemrosesan mata uang yang ditentukan

Sangat mudah dan praktis bukan cara kirim uang ke luar negeri via digibank by DBS? Jadi, tunggu apa lagi? Segera unduh aplikasinya dan daftar untuk menjadi nasabahnya. Dengan digibank by DBS, semua transaksi perbankan jadi lebih mudah, cepat dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *