Berikut Ini Kandungan Keju Cheddar yang Perlu untuk Anda Ketahui
Kesehatan

Berikut Ini Kandungan Keju Cheddar yang Perlu untuk Anda Ketahui

Siapa sih yang tidak menyukai keju? Seperti yang kita ketahui, hampir semua orang sepertinya menyukai jenis olahan susu satu ini. Nah, dari semua jenis keju yang terdapat di pasaran, siapa dari Anda yang menyukai keju jenis cheddar? Seperti namanya, keju yang satu ini berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris. Keju cheddar adalah jenis keju yang paling banyak dijual di pasaran dunia. Cheddar ini mempunyai tekstur yang terbilang sedikit lebih keras dan memiliki warna kuning pucat, sehingga cenderung putih seperti warna gading. Tapi tahukah Anda apa saja kandungan keju cheddar?

Selain mempunyai rasa yang enak dan biasanya digunakan sebagai bahan campuran kue, keju cheddar juga mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan dar semua kandungannya. Pasalnya, keju ini mempunyai banyak nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti kalsium dan protein. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini!

Kalori Dalam Keju Cheddar

Dalam 1 ons keju cheddar ada 6 gram lemak jenuh dan 113 kalori. Kandungan ini sudah bisa mencukupi sekitar 30% kebutuhan kalori dan lemak harian tubuh yang sudah disarankan. Sementara itu, dalam jumlah 1 ons keju cheddar juga terdapat kandungan 29 mg kolesterol yang dapat mencukupi 10% nilai harian tubuh. Ada lagi kandungan yang terdapat di dalam keju cheddar berikut ini!

Mengandung serat dan protein

Sebagian besar kandungan yang terdapat pada keju cheddar terdiri dari protein, lemak, dan fosfor. Meski tidak mempunyai kandungan karbohidrat, keju ini kaya dengan kandungan serat dan protein, yakni sekitar 7 gram dalam setiap sajiannya.

Mengandung banyak mineral dan vitamin

Keju cheddar merupakan salah satu sumber kalsium yang sangat baik, karena dapat membantu memenuhi sekitar 20% kebutuhan kalsium harian yang sudah disarankan untuk tubuh. Selain kalsium, keju cheddar juga bisa memenuhi keperluan fosfor kurang lebih sekitar 14% dari kebutuhan harian. Keju cheddar juga mempunyai kandungan vitamin A yang bisa menjaga kesehatan selaput lendir, mata, tulang, dan jaringan kulit Anda. Selain itu, keju cheddar memiliki kandungan sekitar 6% riboflavin yang merupakan 4% vitamin B12 dan vitamin B2.

Membantu menurunkan berat badan

Sebuah studi juga pernah mengatakan bahwa dengan mengonsumsi keju cheddar atau produk olahan susu yang lainnya akan membantu dalam mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar lemak yang terdapat di dalam tubuh. Kondisi ini pastinya sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan.

Keju cheddar dapat mengurangi risiko karies gigi

Selain kaya dengan nutrisinya, keju cheddar juga bersifat antikarsinogenik yang bisa menstimulasi produksi air liur. Air liur bisa mengurangi resiko mengalami karies gigi. Selain itu, sebuah studi yang menemukan bahwa kandungan keju cheddar bisa membantu membuat kondisi mulut menjadi lebih basa dan membuat pelindung pada sekitar gigi, sehingga gigi menjadi tidak mudah berlubang.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah studi yang dilakukan pada 2010 menyatakan bahwa dengan mengonsumsi sepotong keju setiap hari maka bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang, terutama untuk orang – orang yang sudah lanjut usia. Sejalan dengan penelitian tersebut, para ilmuwan dari Universitas Turku, Finlandia, juga mengungkapkan bahwa kandungan dalam keju mempunyai kemampuan untuk mencegah kerusakan dari sistem kekebalan tubuh yang dipengaruhi oleh usia.

Mencegah kanker hati

Mengonsumsi keju cheddar bisa membantu mencegah terjadinya kanker hati sekaligus dapat menyehatkan kondisi organ hati. Hal ini dikarenakan keju cheddar memiliki kandungan sebuah senyawa spermidine. Senyawa spermidine diklain bisa mencegah fibrosis hati dan karsinoma hepatoseluler.

Nah, itulah kandungan keju cheddar yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *