KITAS Sebagai Kartu Tinggal di Indonesia Bagi WNA
Lain-Lain

KITAS Sebagai Kartu Tinggal di Indonesia Bagi WNA

Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) merupakan sebuah dokumen yang wajib dimiliki oleh warga negara asing untuk tinggal dalam jangka waktu tertentu (1 tahun) di Indonesia. Apabila dalam jangka waktu tersebut habis masanya, maka warga asing yang bersangkutan wajib untuk memperpanjangnya bila masih tinggal. Dokumen ini sangat diperlukan apabila warga negara asing tersebut sedang bekerja maupun tinggal lebih lama di Indonesia. Pemberian kartu izin ini juga dapat diperuntukkan bagi orang yang memiliki keperluan pensiunan ataupun lainnya.

Jenis KITAS Bagi WNA

Pentingnya KITAS bagi warga negara asing yang ingin tinggal di Indonesia merupakan suatu kewajiban. Sebab, bagi WNA yang tidak memiliki ataupun belum diperpanjang masa kartu izinnya, maka akan ada hukum yang berlaku. Apabila terjadi pelanggaran tersebut, maka WNA yang bersangkutan akan dipidana sesuai undang-undang, yaitu 5 tahun penjara serta denda hingga Rp. 500 juta.

Kartu izin tinggal sementara ini memiliki jenis serta fungsi yang berbeda tergantung dari keperluan warga asing yang hendak tinggal Indonesia dalam beberapa waktu. Sebab dari jenis-jenis kartu izin ini akan memiliki perbedaan yang mendasar untuk cara pengurusannya. Berikut penjelasan dari kartu izin tinggal sementara bagi WNA.

1. Izin Kerja

Untuk memperoleh kartu izin bekerja di Indonesia bagi warga asing, pastinya harus melampirkan surat keterangan Izin Mempekerjakan Tenaga Asing dari perusahaan yang nantinya dijadikan tempat bekerjanya. Pada umumnya, IMTA tersebut berisi mengenai posisi serta lokasi pekerjaannya. Sebab posisi saat bekerja dari WNA dapat menentukan lamanya kartu izin tersebut berakhir dan harus diperpanjang lagi apabila memungkinkan. Oleh sebab itu, bagi perusahaan yang ingin mengkonfirmasi hal tersebut kepada Kementrian Tenaga Kerja, harus mengetahui resiko yang akan ditanggungnya.

2. Visa Pernikahan

Apabila Anda memiliki pasangan orang luar negeri, pastinya pasangan tersebut harus memperoleh visa Pernikahan. Untuk mendapatkan visa jenis ini, harus menggunakan sponsor dari Anda sebagai Warga Negara Indonesia. Akan tetapi, dari berbagai kasus, kartu izin jenis ini banyak digunakan sebagai pengajuan Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) bagi WNA untuk tinggal lebih lama. Selain mendapat konfirmasi dari pasangan WNI, untuk memperlancar perolehan surat izin ini, harus disertai dengan akta nikah yang telah dikeluarkan oleh Kantor Urusan Agama.

3. Pensiun

Apabila Anda sebagai Warga Negara Asing yang sudah berusia 55 tahun ke atas dan ingin menghabiskan waktu luang di Indonesia, maka harus mengurus kartu izin pensiun terlebih dahulu. Untuk mendapatkannya, Anda harus mengurus visa turis dahulu, selanjutnya dapat memproses KITAS dan mendapatkannya kurang lebih 1 bulan setelah pengurusan. Kelebihan dari kartu izin ini, yaitu Anda bisa tinggal di Indonesia selama bertahun-tahun dan juga sangat mudah dalam membuka sebuah rekening bank lokal.

Dari ketiga jenis KITAS di atas, pastinya dalam mengurusnya akan memiliki ketentuan yang sangat berbeda dengan yang lainnya. Selain dengan mengisi formulir yang telah disediakan, pastinya harus mempersiapkan dokumen khusus yang dapat menunjang keberhasilan dari persetujuan kartu izin tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat melihatnya di permitindo.com.

Itulah beberapa jenis KITAS yang dapat dijadikan sebagai pegangan bagi warga negara asing yang hendak tinggal di Indonesia untuk sementara waktu. Apabila WNA tersebut tertarik dan ingin menetap di Indonesia, pastinya kartu izin tersebut bisa digunakan untuk mengurus KITAP yang memiliki durasi yang lebih lama, yaitu 5 tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *