Manfaat Pisang Kepok untuk Asam Lambung dan Kesehatan Lainnya
Kesehatan

Manfaat Pisang Kepok untuk Asam Lambung dan Kesehatan Lainnya

Pisang kepok terdiri dari 2 macam, yaitu kepok kuning dan kepok putih. Karena pisang kepok memiliki kandungan inulin, proksimat dan antioksidan tinggi, orang yang mengonsumsi pisang kepok bisa mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya manfaat pisang kepok untuk asam lambung. Tentu saja tidak hanya untuk asam lambung, manfaat untuk kesehatan lainnya juga ada. Berikut ini!

Menurunkan Kolesterol

Manfaat yang pertama adalah membantu menurunkan kolesterol. Hal ini berdasarkan sebuah penelitian oleh mahasiswa fakultas kedokteran yang menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi pisang kepok kuning secara berkala dapat mengalami penurunan kadar kolesterol dalam darah. Serat yang ada di dalam pisang kepok itulah yang bekerja mengikat cairan empedu agar bisa menyerap kolesterol dari darah dan mengeluarkannya dalam bentuk feses.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Pisang kepok bisa dikonsumsi sehari-hari untuk melancarkan sistem pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa memakan pisang kepok matang secara langsung atau mengolahnya terlebih dahulu. Namun jika hasil pengolahan dengan cara digoreng kurang direkomendasikan oleh mereka yang mempunyai diabetes atau jantung koroner.

Memperkuat Sistem Imun

Buah pisang kepok memiliki kandungan potasium yang bermanfaat dalam setiap proses metabolisme di dalam tubuh. Salah satu proses kimia dalam tubuh yang membutuhkan potasium adalah produksi sel darah putih pada kelenjar getah bening. Seperti yang kita tahu, sel darah putih adalah komponen penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Merilekskan Saraf Tegang Akibat Stress

Potasium dalam pisang kepok tidak hanya berkhasiat untuk memperkuat sistem imun. Jaringan saraf membutuhkan asupan potasium supaya tidak mudah tegang akibat tekanan / stress. Jika Anda sedang stress atau depresi, maka Anda bisa rutin mengonsumsi pisang kepok.

Melancarkan Sistem Ekskresi Pada Ginjal

Manfaat pisang kepok terhadap proses ekskresi pada ginjal juga penting untuk Anda ketahui. Organ ginjal adalah tempat penyaringan zat-zat beracun dari darah agar dikeluarkan bersama urin. Supaya proses ekskresi dalam ginjal optimal, membutuhkan potasium untuk mengatur penyerapan zat penting seperti kalsium supaya tidak terbawa bersama urin. Kalsium yang menumpuk organ ginjal bisa menyebabkan penyakit batu ginjal. Maka akan membutuhkan peran potasium.

Membantu Mengatasi Sakit Maag

Mereka yang memiliki maag dan sering kambuh bahkan harus lebih sering memakan makanan yang “ramah” untuk organ lambung, usus dan seterusnya. Salah satu makanan yang baik untuk orang yang memiliki maag adalah pisang kepok. Seperti yang sudah disebutkan diatas, ada manfaat pisang kepok untuk asam lambung. Nutrisi dalam buah pisang kepok memiliki sifat antacid yang mampu mengontrol produksi asam lambung berlebih.

Membantu Penyerapan Kalsium Pada Tulang

Selain mengatur penyerapan kalsium pada ginjal, potasium dalam buah pisang kepok juga penting dalam memaksimalkan penyerapan kalsium untuk tulang. Selain itu, prebiotik dalam pisang kepok juga dapat membantu penyerapan nutrisi lainnya untuk tulang supaya lebih kuat dan terhindar dari gangguan kesehatan yang menyerang tulang seperti osteoporosis.

Sebagai Sumber Asupan Energi

Karbohidrat dalam buah pisang adalah komponen penting untuk menjaga kesehatan seseorang supaya tetap berenergi dan tidak lemas saat beraktivitas. Karbohidrat dan kalori yang dalam buah pisang kepok merupakan unsur penting dalam proses pembakaran atau metabolisme tubuh.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah yang mempunyai bentuk bersegi-segi ini juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid yang memberi warna kuning pada pisang kepok kuning merupakan prekusor vitamin A. Seperti yang kita tahu, vitamin A merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid dari pisang kepok bisa mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal pemicu kanker.

Menyehatkan Usus Besar

Inulin dari buah pisang kepok memang lebih sedikit. Jika dibandingkan dengan buah lainnya, inulin dalam pisang banyak. Inulin yang masih tergolong ke dalam polisakarida membantu mengoptimalkan penyerapan kalsium dan magnesium dalam usus besar. Sambil melakukan tugas tersebut, inulin juga membantu mengoptimalkan produksi bifidobacteria dan lactobacilli yang berefek positif untuk usus.

Nah, itulah manfaat pisang kepok untuk asam lambung dan kesehatan lainnya yang perlu Anda ketahui,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *