Manfaat Pisang Raja untuk Kesehatan
Kesehatan

Manfaat Pisang Raja untuk Kesehatan

Pisang raja memiliki ukuran yang tidak terlalu besar dan agak melengkung dengan pangkal buah yang sedikit membulat dan gemuk. Dalam satu pohon maka bisa menghasilkan hingga 90 buah. Pisang raja tidak hanya dapat nikmat dengan makan langsung, namun juga bisa menjadi berbagai makanan seperti tepung, keripik, cuka dan juga bir, sementara bagian daunnya bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan dan juga menggosok lantai. Tapi, apa saja manfaat pisang raja untuk kesehatan?

Pisang raja memiliki kandungan banyak nutrisi seperti serat, protein, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, kalium, niacin, mangan, magnesium, riboflavin, filat serta besi. Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat pada pisang ini akan sangat berguna untuk melawan berbagai penyakit, terutama untuk penyakit menular dan juga kronis pada manusia dan sumber tenaga untuk hewan seperti burung dan ayam. Langsung saja simak manfaat pisang raja berikut ini!

Meningkatkan Imun Tubuh

Pisang raja mengandung vitamin C, vitamin A dan juga vitamin B6 yang berguna agar kekebalan tubuh bisa lebih meningkat. Dengan meningkatkan sistem imun tubuh, maka berbagai jenis penyakit bisa dihindari seperti bakteri dan infeksi virus yang menjangkiti tubuh. Caranya adalah dengan mengkonsumsi 1 buah pisang raja setiap hari.

Meningkatkan Energi Tubuh

Dalam pisang raja memiliki 32 gram karbohidrat yang sangat berguna dalam meningkatkan energi tubuh khususnya ketika sedang memulai aktivitas yang berat. Dengan makan 1 buah pisang raja per hari, maka Anda jadi tidak lagi perlu mengkonsumsi minuman yang manis untuk mencukupi kebutuhan energi harian Anda.

Menguatkan Tulang

Zat prebiotic atau fructooligosaccharide yang ada pada buah ini sangat baik dalam mempermudah penyerapan nutrisi. Dengan mengkonsumsi 1 pisang raja setiap hari maka akan membantu tubuh ketika menyerap kalsium dimana kalsium tersebut sangat baik untuk membuat tulang Anda menjadi lebih kuat. Potassium yang terkandung pada buah ini juga akan mencegah kalsium yang sudah diserap tubuh hilang kembali.

Mengurangi Gangguan Penglihatan

Vitamin A tinggi yang ada pada pisang raja juga bermanfaat untuk mengurangi gangguan penglihatan, sehingga untuk anda yang berusia diatas 40 tahun sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini sebanyak 3 buah per hari.

Menurunkan Hipertensi

Hipertensi bisa terjadi karena kadar garam yang cukup tinggi dan juga kegemukan atau obesitas. Salah satu kandungan yang menjadi manfaat pisang raja untuk kesehatan adalah Kalium tinggi dan sodium rendah yang umumnya baik untuk menurunkan berat badan dan dapat mencegah beberapa penyakit seperti stroke dan darah tinggi. Caranya adalah dengan makan 1 buah pisang raja sebelum makan dan lakukan secara teratur setiap hari.

Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Senyawa fenolik antioksidan juga terkandung dalam pisang raja yang berguna untuk pelindung terhadap ginjal. Jika kadar potasium yang ada dalam tubuh tercukupi, maka pembuangan kalsium dalam urin dapat menjadi lebih terkontrol dan mengurangi resiko dari batu ginjal tersebut.

Menyembuhkan Maag

Mengkonsumsi pisang raja ini akan membuat pergerakan usus Anda bisa menjadi lebih teratur. Sehingga tidak akan terjadi sembelit dan dapat mengatasi maag sebab pisang raja juga memiliki kandungan zat antiasid. Resiko kanker lambung juga dapat menurun serta sebagai sumber makanan bakteri baik yang akan mencegah diare.

Memperbaiki Mood

Kandungan asam amino yang terdapat pada pisang raja juga sangat baik dalam membantu memproduksi zat serotonin. Yang memiliki peran penting sebagai neurotransmitter. Sehingga dapat membuat Anda menjadi semakin rileks, tenang dan suasana hati Anda bisa menjadi stabil tanpa menimbulkan efek samping.

Nah, itulah beberapa manfaat pisang raja yang perlu Anda ketahui. Agar bisa termotivasi untuk mengkonsumsinya setiap hari!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *