Gejala Tipes
Kesehatan

Mengenal Gejala Tipes pada Anak dan Cara Penanganan yang Tepat

Ibu mana yang tidak akan kaget dan panik ketika si kecil terkena gejala tipes? Tipes ditandai dengan anak terkena demam tinggi dan tubuh menjadi lemas. Bakteri penyebabnya adalah Salmonella typhi yang masuk ke dalam tubuh anak melalui makanan dan minuman. Jika si kecil terkena tipes lalu bagaimana cara mengetahui tanda-tandanya? Dan bagaimana pula menangani anak tipes dengan cara yang tepat? Ini dia penjelasannya.

1. Kenali penyebab penyakit tipes pada anak

Tipes atau demam tifoid disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang ada di dalam air. Bakteri ini juga bisa menempel pada makanan dan minuman yang kemudian dikonsumsi anak-anak. Biasanya makanan dan minuman yang tidak bersih bisa jadi penyebab penyakit tipes ini. Apalagi anak-anak usia sekolah yang gemar jajan sembarangan dan daya tahan tubuhnya sedang menurun akan lebih mudah untuk terkena tipes.

Memang kebanyakan anak-anak lebih mudah terkena tipes daripada orang dewasa karena daya tahan tubuh anak-anak yang tidak sekuat orang dewasa. Atau bisa juga karena anak-anak belum bisa menjaga kebersihan makanannya sehingga mudah terjangkit bakteri ini.

Selain dari makanan dan minuman, penularan bakteri Salmonella typhi ini bisa melalui kontak fisik orang yang sudah terjangkit duluan. Dan jika terjadi kontak fisik bisa jadi bakteri berpindah atau saat orang yang sudah terjangkit lupa mencuci tangan saat menggunakan toilet dan memegang makanan yang akan dimakan oleh orang lain. Biasanya yang kondisi tubuhnya sedang turun akan mudah terkena demam tifoid ini.

2. Apa saja ciri-ciri anak yang terkena tipes

Demam tifoid akan menunjukan gejalanya mulai dari yang ringan sampai yang parah. Begitu pun yang terjadi pada anak. Biasanya dimulai dari demam tinggi, sakit kepala, sakit tenggorokan dan badan menjadi lebih lemas. Ditambah anak juga akan sakit perut, sembelit dan bisa juga muncul bintik-bintik merah.

Kalau si kecil sudah menunjukan gejala tersebut kamu harus memantau panasnya dan segera bawa anak ke dokter untuk bisa dicek lebih lanjut. Biasanya dengan melakukan cek darah di laboratorium akan diketahui hasil apakah anak positif tipes atau terkena penyakit lainnya. Karena tanda-tanda tipes ini sedikit mirip dengan DBD atau radang tenggorokan.

Biasanya gejala tipes akan membaik pada minggu ketiga atau keempat saat pertama kali muncul. Dan gejala tipes ini juga bisa kambuh lagi saat sudah merasa sembuh. Itulah mengapa sebaiknya orang yang terkena tipes sebaiknya istirahat total sampai benar-benar sembuh.

3. Bagaimana cara yang tepat merawat anak tipes?

Kebanyakan anak yang terkena tipes akan dirawat di rumah sakit. Namun jika gejala tipes bisa diketahui lebih awal anak biasanya diperbolehkan dirawat di rumah. Lalu bagaimana cara merawat anak yang terkena tipes? Berikut ini beberapa cara agar anak bisa cepat sembuh dari gejala tipes:

  1. Minum antibiotik dan obat lainnya yang diberikan dokter dengan teratur. Ikuti apa yang diinstruksikan dokter, misalnya minum obat antibiotik sampai habis dan tetap minum obat yang lain sampai 10 hari. Untuk mendapatkan kesembuhan maksimal berikan pengertian pada anak kalau perintah dokter tidak boleh dilanggar agar cepat sembuh.
  2. Anak harus istirahat yang cukup. Biarkan dia terbaring di kasurnya dalam waktu 3-7 hari. Jika dia ingin bermain sebaiknya anak main bersama di kasur tanpa harus jalan-jalan. Proses istirahat ini adalah saatnya tubuh melawan bakteri sehingga tubuh tidak boleh lelah.
  3. Perbanyak minum air putih agar anak terhindar dari dehidrasi. Apalagi jika si kecil mengalami muntah, anak akan lebih mudah terkena dehidrasi sehingga tubuh lebih banyak lagi membutuhkan cairan tubuh.
  4. Selalu jaga kebersihan tubuh anak dan lingkungan. Mulai dari selalu cuci tangan sebelum dan sesudah makan. Begitupun ketika anak memegang mainan atau benda lainnya, anak harus selalu membersihkan tangannya agar bakteri tidak kembali masuk ke dalam tubuh.

Dengan menjalankan perawatan di atas secara tertib dan disiplin, anak bisa jadi akan lebih cepat sembuh dan kembali bisa beraktivitas lagi seperti sedia kala.

4. Cara mencegah agar anak tidak terkena tipes

Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri, cara paling ampuh untuk mencegahnya adalah dengan cara menghindari bakteri tersebut. Caranya adalah dengan mulai hidup bersih seperti selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selain itu juga lakukan mencuci tangan saat dari toilet. Anak dan keluarga lainnya juga harus paham dan mengetahui kalau mencuci tangan yang baik adalah dengan menggunakan sabun dan melakukan gerakan yang dianjurkan.

Biasakan juga anak membawa minum dan makanan dari rumah agar tidak jajan. Dengan membawa bekal, kebersihan makanan anak akan lebih terjaga. Namun jika memang ingin makan di luar, pastikan tempat makan terjamin kebersihannya. Hindari juga makanan mentah yang kita tidak tahu terkontaminasi apa sebelumnya dan pilih makanan yang baru dimasak atau masih panas jika harus makan di luar.

Paling penting untuk menyembuhkan dan menghindari tipes adalah dengan selalu menjaga kebersihan. Dan jangan lupa ajarkan hidup bersih kepada anak sejak dini. Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai Mengenal Gejala Tipes pada Anak dan Cara Penanganan yang Tepat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *