Mengenal Sunan Gresik
Sejarah

Mengenal Sunan Gresik, Wali Penyebar Ajaran Islam Pertama di Tanah Jawa

Sunan gresik adalah wali pertama yang meyebarkan ajaran agama islam di Jawa, beliau memiliki berbagai julukan, mulai dari bapak para wali bahkan penyebaran dakwah serta ajaram ajaran islam pertama ke Tanah Jwa. Beliau meninggal pada tahun 1419, tepat hari senin 12 Rabbiul Awwal 822 Hijiriah. Berikut adalah beberapa fakta lainnya yang harus Anda ketahui.

1.     Penyebaran Agama

Beliau merupakan salah seorang yang pertama dapat menyebarkan ajaran agama islam di Tanah Jawa, serta beliau merupakan wali senior diantara walisongo lainnya, dalam versi babad disebutkan bahwa kedatangannya didampingi dengan beberapa orang.

Daerah pertama yang menjadi tujuan beliau adalah desa Sembalo yang kini dikenal dengan daerah Leran, Kecamatan Manyar, yang jarkanya sekitar 9 km ke arah utara Kota gresik, beliau mulai mulai mengajarkan agama islam di sana dengan mendirikan sebuah masjid di desa Pasacunan, Manyar.

Beliau dikenal sebagai seorang yang ramah tamah dengan budi bahasanya yang sangat baik, beliau tidak pernah menantang keyakinan dari masyarakat yang tinggal di sana, beliau hanya memperlihatkan keindahan yang dibawa oleh Islam. Berkat keramahannya ini, sejumlah masyarakat akhirnya tertarik dengan agama Islam.

2.     Legenda Rakyat yang Ada

Menurut legenda rakyat yang telah beredar Syekh Maulana Malik Ibrahim ini berasal dari Persia, beliau dituturkan sebagai anak dari syekh Maulana Ishaq yang dituturkan pula menjadi ulama terkenal di wilayah Samudera pasai yang merupakan ayah dari Sunan Giri pula.

3.     Mendirikan Pesantren Pertama

Di perjalanannya, tidak hanya masjid yang berhasil didirikan, nyatanya beliau juga memabngun pesantren pertama di Pulau Jawa, maka dari itu beliau memiliki peran penting atas tersebarnya agama islam di tanah Jawa.

Beliau juga telah mendapatkan kepercayaan dari Raja Majapahit untuk melanjutkan penyebaran agama islam, walaupun belum bisa dipastikan apakah beliau membangun masjid atau pesantren terlebih dahulu, namun yang jelas namas masjid masih tetao ada hingga saat ini dan menjadi masjid paling tua yang berada di sana.

4.     Pernah Menolong Gadis yang Akan dijadikan Tumbal

Di awal kedatangannya, beliau sudah mendapati kejadian yang sangat tidak terduga, pada saat itu cuaca sedang sangat panas hingga terjadi kemarau yang berkepanjangan. Di pertengahan jalan beliau melihat ada seoarang gadis yang sedang dikerumuni oleh orang-orang dengan diletakkan diatas batu besar dengan tubuh yang diikat bahkan diantara mereka ada yang menggunakan pisau.

Saat itu bahwa gadiss itu akan ditumbalkan agar datang hujan, beliau segera menghadap kiblat serta melakukan solat istisqa untuk meminta kepada Allah untuk diturunkan hujan, berselang beberapa waktu, hujan pun turun membasahi tanah jawa.

Demikianlah rupa-rupa mengenai Sunan Gresik yang dapat menambah pengetahuan Anda mengenai sejarah perkembangan agama islam, jika Anda ingin mencari artikel sejenis atau bahkan jenis lainnya, Anda dapat menemukannya di Orami, di sana Anda dapat menemukan artikel yang Anda sukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.