Pelatihan Era Industri Digital
Internet

Pelatihan Era Industri Digital

Era revolusi industri digital akan terus menghadirkan banyak perubahan yang tidak akan bisa dibendung. Untuk itu, ada kewajiban dalam Negara ini untuk berupaya maksimal dan lebih gencar memberi pemahaman kepada semua elemen masyarakat, termasuk generasi muda harus memahami persiapan apa saja untuk menghadapi situasi tersebut. Di era industri digital yang berbasis teknologi ini generasi muda tidak mungkinkan jika kita hanya sebagai penonton saja yang hanya bisa mengkonsumsi dan menghabiskan uang untuk semata-mata memenuhi gaya hidup saja, generasi sekarang tentu harus terlibat dan terjun langsung menjadi produsen dalam era industri digital ini. Oleh karena itu, strategi dalam membangun ekonomi digital demi menghadapi era industri yang berbasis digital agar tidak tertindas yaitu melek IPTEK. Generasi milenial harus bisa menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Karena untuk mewujudkan Indonesia emas diperlukan SDM yang melek IPTEK, selain itu faktor pendukung lainnya seperti inovasi, kreativitas serta kecepatan untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari Negara lainnya. Sebelum mencapai generasi yang melek IPTEK, perlu pembentukan kualitas SDM yang memiliki daya saing, yang tentunya bisa ditempuh melalui jalur pendidikan, pelatihan dan pengembangan karir.

Pendidikan Era Digital

Pendidikan sebagai dunia yang banyak didominasi oleh generasi muda yang harus benar-benar dipersiapkan demi menghadapi era industri berbasis digital. Jalur pendidikan berfungsi untuk membangun pondasi yang kokoh untuk pengembangan kualitas tenaga kerja. Oleh karena itu, misi pendidikan saat ini harus diarahkan untuk dapat membangun kerangka dasar kompetensi yang sesuai dengan tuntutan era industri digital.

Selain itu, pemanfaatan teknologi berbasis internet dan digital dalam dunia pendidikan merupakan sesuatu yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Sekolah-sekolah mau tidak mau harus mempersiapkan sarana dan prasarana yang mampu mengikuti perkembangan teknologi terkini. Tentunya ini bukan sesuatu yang mudah mengingat luasnya wilayah Indonesia dan tentunya karena keterbatasan dana dari pemerintah. Terlepas dari jalur pendidikan, terdapat pelatihan.

Pelatihan Era Digital

Berbicara mengenai pelatihan saat ini banyak sekali pelatihan-pelatihan tenaga kerja baik yang formal maupun non formal. Ada Balai Latihan Kerja (BLK) yang dikelola oleh Departemen Tenaga Kerja (Depnaker), ada pula berbagai kursus keahlian yang dikelola oleh swasta atau masyarakat seperti kursus pemrograman atau kursus coding, kursus komputer, kursus robotik dan lain sebagainya. Jalur pelatihan inilah yang harus menjadi jalur dalam melatih generasi muda dalam menghadapi era industri digital. Jika selama ini berbagai pelatihan dan kursus keahlian yang ada di masyarakat hanya bertujuan untuk memasuki dunia kerja, kini pelatihan atau kursus keahlian harus diarahkan ke yang lebih spesifik, yaitu penguasaan teknologi digital untuk menghadapi era industri digital. Pelatihan kerja jangan hanya bertujuan menghasilkan tenaga-tenaga kerja yang sekedar bisa menjahit, bisa bekerja di pabrik, bisa mengoperasikan mesin dan sejenisnya. Tapi pelatihan tenaga kerja juga harus bisa menghasilkan tenaga-tenaga kerja yang benar-benar menguasai teknologi digital. Hal ini penting agar kelak tenaga kerja yang dihasilkan tidak hanya bisa bekerja, namun juga bisa menguasai teknologi.

Memang tidaklah mudah untuk mengikuti tuntutan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini khususnya untuk era industri digital. Namun jika mulai mempersiapkan sejak sekarang, hal tersebut bukanlah hal yang mustahil. Dimulai dari kesadaran diri untuk terus berkembang melalui pelatihan kerja serta pengembangan karir atau pembentukan mental di jalur pendidikan, maka Indonesia tentu akan mampu mengikuti tuntutan yang harus serba cepat di era industri digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *