Deadline Or Dateline? Inilah Pengertian, Contoh, dan Perbedaannya
Pendidikan

Deadline Or Dateline? Inilah Pengertian, Contoh, dan Perbedaannya

“Aduh, tugas belum saya kerjakan sedikitpun, padahalkan besok dateline yang diberikan oleh guru.”

Sering sekali ditemukan penggunaan kata dateline seperti kalimat di atas. Dalam contoh kalimat ini, orang yang membuat pernyataan tersebut sebenarnya ingin menyatakan deadline yang sering disebut dengan tenggat waktu pengerjaan tugas yang diberikan akan oleh gurunya adalah besok. Sebenarnya, tidak terlalu bermasalah kalau kesalahan penggunaan kata deadline or dateline ini terjadi antar sesama orang yang ada di Indonesia.

Karena pada umumnya kata dateline dan deadline jika diucapkan oleh lidah dari orang Indonesia memang terdengar sama persis bunyinya. Namun sayangnya, kedua kata tersebut memiliki makna yang berbeda dan tidak bisa digunakan secara bergantian antara satu sama lain.

Bahkan, jika digunakan secara substitusi, maka akan mengaburkan makna dari pesan yang ingin disampaikan. Jika terjadi kesalahan penggunaan kata dateline dan deadline itu terjadi kepada mereka yang menggunakan bahasa Inggris sebagai sebuah bahasa ibu.

Dalam hal kesalahan penggunaan kata dateline untuk menyatakan deadline atau tenggat waktu dimungkinkan sebab jikalau kedua kata tersebut diartikan secara sederhana. Deadline = garis mati, dateline = garis tanggal, maka pendapat dari sebagian orang malah akan segera memilih dateline sebagai kata yang paling tepat agar bisa digunakan untuk menyatakan tenggat waktu, hanya karena ada kata date yang terdapat di dalamnya yang merupakan salah satu elemen penunjuk waktu.

Pengertian Deadline dan Dateline

Penting untuk mengetahui pengertian dari deadline or dateline, karena akan lebih mudah untuk membedakannya.

Deadline artinya tenggat waktu, dalam hal penyelesaian suatu pekerjaan atau pembayaran utang. Dalam hal lain juga bisa juga diartikan sebagai garis batas di penjara yang hanya bisa dilewati oleh para tahanan dengan resiko ditembak.

Dateline artinya sebuah frase di permulaan berita yang ada di surat kabar atau majalah. Dan tentunya menerangkan tanggal dan tempat kejadiannya. Dateline atau penanggalan ini juga terkadang akan disertakan atau diucapkan dalam sebuah liputan supaya pemirsa atau pendengar yang menyaksikan jadi tahu mengenai kejadian yang baru saja mereka lihat melalui sebuah berita.

– Contoh Kalimat Deadline

Deadline kita dalam menangani kasus ini hanya 3 hari saja.
Deadline untuk penyerahan hasil laporan hanya sampai hari ini pukul 21.00.

– Contoh Kalimat Dateline

Monday, May 12, 2012 adalah date line dari artikel sebuah majalah.

Perbedaan Deadline dan Dateline

Seperti yang sudah dijelaskan di atas mengenai pengertiannya saja pastinya sudah sangat terlihat jelas perbedaan istilah dari kedua kata ini yakni deadline or dateline. Perlu diketahui, kata deadline biasanya akan digunakan seperti untuk pengumpulan presentasi, skripsi, tugas, lembar lowongan kerja. Atau bisa juga digunakan dalam pengumpulan laporan pekerjaan. Sedangkan kata dateline sendiri biasanya digunakan di sebuah artikel, majalah atau surat kabar. Biasanya juga dalam bentuk waktu seperti tanggal, bulan, tahun dan jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *