Tips Merawat Pakaian Berbahan Velvet
Fashion

5 Tips Merawat Pakaian Berbahan Velvet

Velvet atau juga bisa disebut dengan bludru merupakan bahan pakaian yang mewah, karena terbuat dari nilon, katun, sutra, mohair atau wol. Namun, ada satu masalah pada kain ini, yaitu cara membersihkannya yang sedikit sulit. Jika terjadi kesalahan, maka pakaian tersebut pasti akan rusak. Jangan khawatir, berikut adalah tips merawat pakaian berbahan velvet.

1. Cari Tahu Jenis Material Velvet

Bahan untuk membuat kain velvet sangat beraneka ragam, seperti sutra, wol, nilon atau yang lainnya. Dengan begitu, beda material beda pula dengan cara merawatnya. Kamu bisa mengetahuinya dengan melihat pada bagian label pakaian. Setelah mengetahuinya, kamu bisa memastikan bagaimana perawatannya.

2. Simpan dengan Hati-Hati dan Jangan Dilipat

Cara paling aman untuk menyimpan pakaian terbuat dari velvet adalah dengan cara digantung. Hal tersebut dikarenakan, saat kamu menyimpan dengan cara dilipat maka akan menimbulkan lipatan yang sulit untuk dihilangkan. Kamu bisa menggantungnya menggunakan hanger.

3. Gunakan Pembersih Alami

Jika kamu ingin membersihkannya, cara paling aman adalah dengan menggunakan pembersih alami. Kamu bisa menggunakan campuran baking soda dengan perasan lemon. Lalu langsung saja kucek secara perlahan. Dua bahan pembersih tersebut sangat ampuh dalam membersihkan noda, jadi tidak perlu lagi menggunakan deterjen.

4. Jangan Menggunakan Parfum

Pakaian berbahan velvet sangat sensitif terhadap noda, termasuk juga dengan parfum. Semprotan parfum akan menimbulkan noda serta bisa membuat warna pakaian menjadi lebih pudar. Jadi, kamu bisa langsung saja menyemprotkan parfum ke tubuh, agar tidak pakaian tetap awet dan bersih.

5. Cuci Secara Terpisah

Saat kamu mencuci pakaian ini, pastikan untuk tidak mencampurnya dengan pakaian yang lain. Misalnya seperti handuk, denim atau baju lain yang kasar dan mudah luntur. Jika menggunakan mesin cuci, gunakanlah putaran kecepatan yang rendah dan jangan menggunakan pengering.

Itulah tadi beberapa tips merawat pakaian berbahan velvet. Sedikit rumit memang, namun hal itu semua perlu dilakukan agar pakaian tetap terlihat bagus dan tahan lama. Velvet dengan teksturnya lembut dan berbulu akan membuat orang yang memakainya terlihat elegan dan glamour.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *