Tips Travelling Saat Pandemi Corona
Wisata

8 Tips Travelling Saat Pandemi Corona

Seiring dengan dibukanya destinasi wisata di Indonesia tentunya mendorong traveler untuk melakukan travelling or traveling. Opsi untuk menggunakan mobilpun dipilih, karena memang saat ini ada beberapa protocol kesehatan yang harus dijalani.

Meskipun destinasi wisata sudah mulai dibuka, tetapi traveler tidak boleh lengah sedikitpun dan harus menjaga kesehatan selama traveling. nah, sebaiknya lakukan beberapa tips berikut ini saat anda ingin melakukan traveling saat pandemic seperti berikut ini:

1. Cari Informasi Destinasi Wisata
Hal pertama yang memang wajib sekali anda lakukan adalah mencari informasi tentang kondisi corona pada destinasi tersebut. Apakah tergolong dalam zona merah atau zona hijau ya, karena memang saat suatu tempat masuk dalam zona merah, berarti sangat berbahaya untuk masuk kesana.

Setelah itu pastikan juga anda sudah memesan akomodasi yang tepat, misalnya saja hotel sebagai tempat menginap yang sudah dilengkapi dengan protocol kesehatan. Jadi pastikan bahwa traveler sudah memilih hunian yang memiliki system pencegahan penyebaran corona.

2. Bawa Perlengkapan Pencegahan
Sebelum berangkat liburan, pastikan bahwa anda sudah menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mencegah penularan corona tersebut. Contoh barang yang wajib dibawa seperti masker, face shield, hand sanitizer, tisu basah, tisu kering dan sarung tangan yang sekali pakai.

3. Hati-Hati Menggunakan Toilet Umum
Dalam perjalanan menggunakan mobil, adakalanya traveler harus menggunakan toilet umum, karena itulah harus berhati-hati. Karena penelitian menyebutkan bahwa virus corona bisa saja menyebar saat menyiram kloset.

Oleh karena itulah sangat penting untuk mengenakan masker selama berada dalam toilet umum dan menjaga jarak dengan orang lain. Traveler juga sebaiknya menghabiskan waktu kurang dari 10 menit dan tidak perlu menyentuh benda yang ada disana.

Setelah menggunakan toilet, segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik dan keringkan tangan menggunakan tisu lalu buang.

4. Gunakan Cashless di SPBU
Sebelum anda travelling or traveling, sebaiknya pastikan bahwa bahan bakar mobil traveler sudah terisi penuh. Tetapi tidak jarang anda harus mengisinya di SPBU saat pertengahan perjalanan, karena itulah lakukan transaksi dengan cashless saja.

Ketika hendak mengisi bahan bakar, dan perlu bayar dengan uang cash, maka segeralah cuci tangan dan membersihkannya dengan hand sanitizer.

5. Bawa Bekal Makanan
Perjalanan panjang pastinya membuat traveler merasa lapar, nah saat corona seperti ini lebih baik anda membawa makanan bekal dari rumah yang sudah tentu terjamin kebersihannya. Tetapi jika memang anda tidak sempat melakukannya, maka belilah makanan dan bungkus saja, jangan makan di tempat karena lebih berpotensi.

Ketika turun dari mobil, jangan lupa untuk tetap menggunakan masker, bayar dengan cashless, dan mencuci tangan setelah berinteraksi dengan pegawai restoran.

6. Buka Kaca Mobil
Ketika traveling, anda bisa sesekali membuka kaca mobil agar mendapatkan udara segar dari luar ketika berada di tempat yang asri. Tidak perlu membuka kaca mobil jika memang anda sedang berada di perkotaan atau tempat yang masih terpapar polusi.

7. Jaga Jarak di Hotel
Traveler sebaiknya langsung menghubungi pihak hotel sebelum berangkat, sehingga sampai di hotel anda hanya perlu waktu singkat saja agar tidak terlalu banyak berinteraksi dengan resepsionis. Hindari menggunakan fasilitas umum seperti gym dan kolam renang.

Pertimbangkan juga durasi menginap karena sejumlah hotel tidak memiliki layanan kamar tanpa diminta oleh tamu.

8. Berpergian Bersama Keluarga
Penting untuk diingat bahwa selama pandemic ini, sebaiknya traveler melakukan perjalanan bersama keluarga saja atau orang yang tinggal serumah dengan anda. Sebab jika perjalanan dilakukan dengan teman atau rekan kerja dengan riwayat kesehatan dan pencegahan corona yang berbeda-beda, maka akan meningkatkan potensi penularan virus.

Setelah lama tidak melakukan aktivitas travelling or traveling yang disebabkan oleh pandemic, kini saatnya untuk mulai berwisata dengan prosedur protocol kesehatan yang ada. Tetap jaga kesehatan tubuh anda dan mental, dan berdoa bersama agar pandemic segera berakhir.

Go normal kembali adalah tujuan semua orang, semoga pandemic tidak bertahan lebih lama lagi dan semua wisata bisa kembali dibuka, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *